Berbagi

http://youtu.be/zM5TFIey72o

Entri Populer

Sabtu, 13 April 2013

Mengapa langit berwarna biru?


Mengapa langit berwarna biru? Jawabannya tentu  bisa dua macam yang pertama  secara sederhana pengamatan cuaca.  Ketika mengamati cuaca maka langit berwarna biru karena cuaca sedang cerah, langit tidak berawan, atau langit sedikit berawan.  Dalam keadaan cuaca cerah maka langit akan terlihat berwarna biru muda, yang diselingi awan putih. Penjelasan yang kedua dari segi cahaya  penyebab langit berwarna biru  bisa dijelaskan menurut  optik yaitu cabang ilmu fisika yang mempelajari cahaya. Cahaya adalah merupakan salah  satu gelombang elektromagnetik, selain itu cahaya juga salah satu bentuk energi

Warna cahaya

Cahaya matahari yang berwarna putih termasuk gelombang elektromagnetik   yang bisa dilihat di samping gelombang lain yang tidak terlihat yaitu infra merah dan ultra violet.  Sinar putih matahari terdiri dari tujuh macam warna yaitu: merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu yang dinamakan dengan spektrum atau warna spektral. Ke tujuh Warna tersebut di namakan juga dengan warna pelangi. Sebagaimana yang sudah dibahas pada posting pelangi  fenomena alam pemberi inspirasi. Bila diurutkan dari kiri ke kanan maka spektrum tersebut memiliki frekuensi makin membesar atau panjang gelombang makin kecil sehingga sinar merah memiliki frekuensi terkecil sedangkan panjang gelombang  terbesar.
Bila kita hanya mengambil warna merah dan jingga maka akan terlihat  merah menyala disebut Merah, bila kita mengambil warna  kuning dan hijau saja maka akan terlihat  hijau menyala atau Hijau sedangkan bila kita mengambil warna biru, nila dan ungu akan terlihat biru menyala atau Biru.
Warna Merah, Hijau dan Biru ketiganya dinamakan dengan warna primer bila warna primer dengan frekuensi merah terkecil sedangkan frekuensi sinar biru terbesar.
dicampur misalnya
  • sinar merah dicampur dengan hijau maka akan menghasilkan sinar kuning,
  • warna  merah dicampur dengan biru akan menghasilkan magenta.
  • Sedangkan warna hijau dengan biru akan menghasilkan warna sian(cyan) 
Ketiga warna kuning, magenta dan sian dinamakan dengan warna sekunder

Bila warna primer dicampur sekunder
  • Merah+Kuning=putih
  • Hijau+sian=putih
  • Biru+kuning=putih
Bila dua warna dicampur menghasilkan warna putih maka dinamakan warna komplementer
Pencampuran sinar seperti yang dijelaskan di atas dinamakan dengan pencampuran adisi sedangkan pencampuran cat atau pigmen warna dinamakan dengan pencampuran subtraksi. 

Polarisasi

Gelombang  cahaya sebagai gelombang elektro magnetik berdasarkan kepada arah getar adalah termasuk  gelombang transversal dengan dua arah getar yang saling tegak lurus.  Polarisasi adalah terserapnya sebagian arah getar cahaya. Cahaya dapat terpolarisasi dengan empat cara yaitu
  1. Polarisasi karena pemantulan
  2. Polarisasi karena absorpsi selektif
  3. Polarisasi karena pembiasan ganda
  4. Polarisasi karena hamburan
Hamburan adalah penyerapan dan pemancaran kembali cahaya oleh partikel-partikel  salah satu contoh adalah cahaya matahari yang diserap oleh partikel-partikel yang ada di atmosfer kemudian dipancarkan kembali. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa sinar biru sebagai warna primer memiliki gelombang terpendek dan frekuensi terbesar sehingga sinar biru lebih banyak dihamburkan dari pada merah sehingga langit akan terlihat biru. Warna biru dengan frekuensi terbesar disusul hijau maka warna biru langit tersebut warnanya adalah biru muda karena ada campurannya dengan hijau.

Warna biru dihubungkan dengan kepribadian calm dan Independent

Banyak orang yang sangat menyukai warna biru langit ini karena dikaitkan dengan warna langit saat cuaca alam lagi cerah. Terkadang warna biru ini ada sedikit warna putihnya  karena pada saat cuaca cerah awan-yang ada di langit adalah awan putih artinya awan yang tidak ada kandungan air hujan. Maka warna putih semburat biru banyak juga yang mengaitkannya dengan  kepribadian calm & Independent. (ketenangan dan kemandirian). Sama halnya pada saat langit dalam keadaan cuaca cerah yang tenang  serta tidak terpengaruh awan gelap yang disertai petir dan badai.
Sehingga ketika blogger sedang blogwalking menemukan pada sebuah situs yang menjelaskan bahwa ada notbook Sony VAIO seri E14 yang memiliki banyak varian warna  dintaranya ada warna putih semburat biru atau calm&Independen. Saya  tertarik dan langsung jatuh cinta dengan warna putih semburat biru karena warna tersebut mengingatkan kepada langit dalam keadaan cuaca cerah yaitu putih semburat biru.  Menurut sebagian orang warna sesuai dengan kepribadian seperti yang sudah dibahas pada Mandiri sebagai karakter dan kepibadian
 
Sony VAIO E seri 14P,  adalah netbook terkini  produk sony  dengan  ukuran 14 inch  yang cocok untuk siapa saja  yang memakai  komputer setiap hari  misalnya seorang blogger, netter, atau onlinee.  Dilengkapi dengan  generasi ketiga Intel Core i7 CPU dengan AMD Radeon HD 7670M GPU diskrit (VRAM 1GB), pokonya notebook ini akan memuaskan kebutuhan sehari-hari tanpa stress dan galau. Dengan desain yang unik dan bervariasi, semua orang bisa mengekspresikan gayanya dengan VAIO E terbaru seri 14P. Sony VAIOE seri 14P memiliki berbagai varian warna sesuai dengan selera.
Yang tentunya selera anda para pembaca bisa saja sama dengan saya yaitu putih semburat biru tapi mungkin bisa juga berbeda. Setiap orang punya gaya nya sendiri. Jadi saya suka yang berwarna putih semburat biru bicous it me,. Bagaimana dengan anda?

Sumber: http://www.gurubelajar.com/2012/08/mengapa-langit-berwarna-biru.html#ixzz2QP77nJMl

0 komentar:

Posting Komentar